Tuesday, February 12, 2013

ridha orang tua

sudahkah orang tua kita ridha akan kita hari ini? ataupun besok? atau untuk seumur hidup kita?

pengalaman hari ini bener-bener harus dijadikan pelajaran hidup, khususnya untuk diriku sendiri.

jadi ceritanya, tadi pagi aku bilang aku mau pergi. tapi sebelum pergi, aku dimintain tolong sama umi untuk nganterin beliau. tapi aku nolak. yaudah, akhirnya aku siap-siap buat berangkat. tapi aku gatau umi jadi pergi atau enggak.

begitu udah siap berangkat, tenyata umi udah pergi duluan. otomatis aku ga pamit kan pergi itu, walaupun umi udah tau aku mau pergi. aku tetep berangkat tanpa ngasi tau umi lewat sms atau telpon atau gimana.

begitu di jalan. feelingku bener-bener ga enak. aku merasa ga enak sama umi. pokoknya jalan jadi ga konsen. ditambah macet, plus pas lewat jalan tembusan ujan mendadak. jalan jadi licin. ditambah ga konsen dan kepikiran umi, jadi klop lah. tiba-tiba ban motorku selip. akhirnya... aku jatuh dengan tidak indah ke arah kiri. untung pas itu sepi, jadi aku ga malu-malu banget hwakakak

setelah itu, aku ditolongin. motorku diberdiriin. aku ga bisa ngapa-ngapain soalnya kakiku sakit. dan kaos kakiku ada bercak merah-merah gitu, berdarah ternyata. alhamdulillah. trus aku pulang, ga jadi meneruskan perjalanan. di perjalanan pulang itu kaki kiriku yg berdarah itu cenut-cenut gitu rasanya. wes pokoknya ga enak lah ._.

sampe rumah, ternyata udah ada umi. umi kaget aku pulang lebih cepet. dan ngeliat celanaku kotor oleh lumpur, umi tau aku abis jatuh. umi tanya, "kecelakaan?" dan aku jawab, "enggak, jatuh." terus umi bilang, "ngebut sih." padahal aku pelan loh -_-

sambil mengaduh-aduh, aku buka kaos kaki yg luka itu. ternyata lukanya lumayan dalem. yaudah, aku langsung gant baju dan ngobatin luka itu pake tumbukan daun binahong. alhamdulillah, dengan ijin Allah, sedikit demi sedikit perihnya ga terlalu 'nendang' kayak pas abis jatuh tadi.

nah, sore tadi, umi bilang, "kamu tadi itu tak batin, pergi-pergi terus." lah, pantes kok aku di jalan tadi kepikiran -_- dan kujawab, "makanya jangan dibatin, jatuh kan aku ._." dan berlanjutlah obrolan-obrolan panjang kami.

aku pun cuma bisa ngomong sendiri dalem hati, ternyata emang dari awal umi ga ngeridhai aku pergi walaupun mulutnya bilang 'iya'. makanya aku tadi kepikiran umi banget dan takut ada apa-apa. ternyata jawabannya ya jatuh dan luka ini ._.
 
makanya, benerlah apa kata hadits, "ridhallaahu fii ridhal waalidaini, wa sukhtullahu fii sukhtil waalidaini" ridha Allah itu ada di ridha kedua orang tua, dan murka Allah itu ada di murka kedua orang tua. jadi, untuk segala hal, baik dari yg kecil maupun yg besar, usahakan minta ridha atau restu orang tua, apalagi ibu. Rasulullah SAW aja bilang bahwa orang yg harus dihormati pertama, kedua, bahkan ketiga itu ibu, baru yg keempat ayah. makanya kenapa ada hadits juga, "al jannatu tahta aqdaamil ummahaat" surga itu ada di bawah telapak kaki ibu.

pengalaman hari ini bener-bener jadi pelajaran besar buatku. semoga ga ada yg kayak aku gini ya :)

berbaktilah pada orang tua, senangkanlah hati keduanya, dan carilah ridha beliau berdua sebanyak-banyaknya, agar bisa sukses dunia dan akhirat :)

No comments:

Post a Comment