Thursday, August 9, 2012

be grateful!

everybody needs to share their story to someone that they trust to. and even possible to everyone that always keeps silent along their life. and from what they tell about, we will know that they ain't like what we think all this time.

and what you should know is, sometimes we don't be grateful enough of our life, of what we got, of all this things we had, whereas we know that there are so many people that live with the not-so-good luck.

intinya: perlu ga sih kita ngeluh atas segala ketidakpuasan kita dalam hidup ini, sedangkan masih banyak yang tidak mendapatkan seperti apa yang kita dapat di luar sana?

kadang aku juga ngeluh sih. sempet berpikiran, 'kenapa hidupku ga seenak si A? kenapa aku ga bisa minta gadget canggih segampang si B? kenapa aku ga bisa jalan" kemana mana sebebas si C?' dan keluhan" lainnya.

tapi, semua pemikiranku berubah ketika aku denger curhatan temen"ku yang berhasil membuat pemikiran" dan keluhan" konyolku itu terlihat klise. aku merasa, 'i'm more lucky than them, thanks God...' dan aku merasa malu sama mereka. mereka bisa sebegitu kuat menghadapi kesulitan hidup yang kalo menurutku susah banget dihadepin kalo untuk aku pribadi. aku merasa childish banget. kenapa aku kok kesannya meremehkan hidup? kenapa aku ga ada dewasa"nya sama sekali? kenapa aku ngeluh terus? mestinya aku ga mengeluh segampang itu. mereka yang menghadapi ujian lebih berat dari aku aja masih bisa tersenyum dan merasa baik" aja.

nah, saatnya mengubah pemikiran...

sekarang, yuk belajar sedikit dewasa dan menanggapi hal" yang terjadi dengan kepala dingin. jangan mudah mengeluh. kita coba bandingkan hidup kita yang nyaman dengan hidup mereka yang kurang. dengan begitu, mungkin kita akan lebih mudah bersyukur.

dan tentukan target juga. misalnya, tidak mengucapkan keluhan sesering biasanya. misalnya aku, ga ngucapin kata 'malas', soalnya aku dikritik bolak balik masalah itu hehehe... jujur, emang sulit, karna udah jadi kebiasaan yang mendarah daging, kan? maka dari itu, kita kudu latihan supaya terbiasa.

dan juga jangan suka mencela orang lain. penting banget ini, because maybe they already helped us in the past, or even they are better than us in so many ways. yah, jujur lagi, aku juga kadang suka kayak gitu. tapi aku cepet nyadarnya hehehe... (alibi, alibi...) yah... segala sesuatu itu perlu dilatih agar jadi terbiasa.

oya, perlu juga untuk tidak negative thinking pada siapapun. bikin capek, dan ga ada untungnya. dosa, lagi. duh...

and the most important of all, read the title of this post. yes, be grateful! bersyukurlah atas segala sesuatu yang udah kamu dapet. are you smart? are you able to do something that nobody else can do? do you get some skills that everybody adore when you do it? apa pun yang kamu punya, apa pun yang kamu dapat, syukuri! dengan kamu bersyukur, berarti kamu sudah berterima kasih kepada Dia yag sudah memberimu segala sesuatu itu. pun ketika diberi ujian, jangan langsung mengeluh kepada manusia. mengeluhlah kepada-Nya. berterima kasihlah karna mungkin kamu sedang akan ditingkatkan derajatmu. yah, boleh sih curhat ke temen, tapi mending curhat sama Dia Yang Kuasa. bantuannya biasanya langsung (apalagi kalo kamu bener" teraniaya hihihi piiis ._.v).

yah, mungkin cuma itu yang bisa kutulis di sini untuk sekarang ini. semoga bisa jadi motivasi buat kamu" yang baca agar bisa menghadapi hidup dengan lebih dewasa dan sabar. dan yang paling penting juga, banyak" berdoa. karna doa itu senjatanya kaum mukmin.

remember, you can do if you think you can and also you want to do it!

semangat ya :)

lots of love,
Dita D Palupi
 

1 comment: